Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction

From Bencanapedia.ID
(Redirected from AMCDRR)
Jump to: navigation, search

Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) Konferensi Tingkat Menteri se-Asia untuk Pengurangan Risiko Bencana (Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction /AMCDRR) merupakan konferensi tingkat menteri yang membahas isu-isu pengurangan risiko bencana dan diselenggarakan secara bergantian di antara negara Asia. Konferensi dua tahunan tersebut juga berfungsi sebagai forum berbagi pengalaman tentang praktik terbaik dan pendekatan inovatif dalam pelaksanaan Hyogo Framework Action (HFA) 2005-2015 atau Kerangka Aksi Hyogo (KAH) 2005-2015, khususnya lima prioritas aksi di tingkat nasional dan lokal. Pertemuan tingkat menteri tersebut sebelumnya telah diselenggarakan di Beijing (2005), Kuala Lumpur (2008), Incheon (2010), Yogyakarta (2012), dan Bangkok (2014).

Sejak 2005 AMCDRR telah menjadi forum yang representatif dan efektif dalam menegaskan kembali komitmen negara-negara anggota terhadap pelaksanaan HFA dan Sendai Framework for Disaster Risk Reduction (SFDRR) 2015-2030 atau Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana (KSPRB) 2015-2030.

HFA merupakan cetak biru untuk pengurangan risiko bencana secara global. Didesain selama 2005-2015 dan diadopsi oleh 168 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada World Conference on Disaster Reduction di Kobe, Jepang pada 2005. SFDRR sendiri, merupakan instrumen turunan dari HFA. SFDRR menjadi acuan kerja dalam aktivitas pengurangan risiko bencana yang disepakati oleh 187 negara dan diresmikan penggunaannya dalam Konferensi Dunia Ketiga PBB di Sendai, Jepang, 8 Maret 2015. Setelah lahirnya SFDRR, pelaksanaan AMCDRR diselenggarakan di New Delhi, India pada 2-5 November 2016.

Penyelenggaraan

  • AMCDRR I. Dilaksanakan di Beijing pada Agustus 2005. Mengadopsi Beijing Action for Disaster Risk Reduction, suatu konsensus untuk mendorong komitmen negara-negara Asia Pasifik pada Kerangka Aksi Hyogo untuk mengimplementasikan pengurangan risiko bencana.
  • AMCDRR II. Diselenggarakan di New Delhi pada November 2007. Melahirkan Deklarasi Delhi yang menegaskan komitmen negara-negara Asia Pasifik pada Kerangka Aksi Hyogo dan menyepakati untuk memperluas konferensi tersebut sebagai “Regional Platform”.
  • AMCDRR V. Diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia pada Oktober 2012 dengan tema “Strengthening Local Capacity for Disaster Risk Reduction”. Konferensi tersebut menghasilkan Deklarasi Yogyakarta.
  • AMCDRR VI. Diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada Juni 2014 dengan tema “Promoting Investments for Resilient Nations and Communities”. Konferensi tersebut melahirkan Deklarasi Bangkok.
  • AMCDRR VIII. Diselenggarakan di Ulaanbaatar, Mongolia pada 3-6 Juli 2018 dengan tema "Preventing Disaster Risk: Protecting Sustainable Development".

Asia Pacific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction

Pemerintah Australia melalui Senator Concetta Fierravanti-Wells, yang kemudian menjadi Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik mengumumkan bahwa Australia akan menjadi tuan rumah Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction yang rencananya dilaksanakan pada Juni 2020. Harapannya fokus pengurangan risiko bencana juga mencakup wilayah Pasifik. Dengan demikian pertemuan Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction berganti tajuk konferensi menjadi Asia Pacific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (APMCDRR). Akibat Pandemi Covid-19, APMCDRR yang rencananya diselenggarakan pada 2020 dibatalkan serta pelaksanaanya diundur pada 2021.

Sumber bacaan