AMCDRR

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) merupakan konferensi tingkat menteri yang membahas isu-isu pengurangan risiko bencana dan diselenggarakan secara bergantian di antara negara-negara Asia. Konferensi dua tahunan ini telah diselenggarakan sejak 2005 untuk memberikan kesempatan yang baik untuk menegaskan kembali komitmen negara-negara anggota terhadap pelaksanaan Kerangka Aksi Hyogo atau Hyogo Framework for Action (HFA) 2005-2015 dan Sendai Framework for Disaster Risk Reduction (SFDRR) 2015-2030.

HFA merupakan cetak biru secara global untuk pengurangan bencana risiko yang didesain dalam periode 2005-2015 dan diadopsi oleh 168 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada World Conference on Disaster Reduction di Kobe, Jepang pada 2005. Konferensi ini juga berfungsi sebagai forum untuk bertukar pengalaman tentang praktek sukses dan pendekatan inovatif dalam pelaksanaan HFA, khususnya 5 prioritas aksi di tingkat nasional dan lokal. Pertemuan tingkat menteri ini sebelumnya telah diselenggarakan di Beijing (2005), Kuala Lumpur (2008), Incheon (2010), Yogyakarta (2012), dan Bangkok (2014).

SFDRR atau Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030 sendiri merupakan instrumen turunan dari HFA. SFDRR menjadi acuan kerja dalam aktivitas pengurangan risiko bencana yang disepakati 187 negara dan diresmikan penggunaannya dalam Konferensi Dunia Ketiga PBB di Sendai, Jepang, 8 Maret 2015.

Setelah lahirnya SFDRR, pelaksanaan AMCDRR diselenggarakan di New Delhi India, 2-5 November 2016.

Penyelenggaraan

  • AMCDRR I. Dilaksanakan Beijing, Agustus 2005. Mengadopsi Beijing Action for Disaster Risk Reduction, suatu konsensus untuk mendorong komitmen negara-negara Asia Pasifik pada Kerangka Aksi Hyogo untuk mengimplementasikan pengurangan risiko bencana.
  • AMCDRR II. Diselenggarakan di New Delhi, November 2007. Melahirkan Deklarasi Delhi yang menegaskan komitmen negara-negara asia Pasifik pada Kerangka Aksi Hyogo dan menyepakati untuk memperluas konferensi ini sebagai “Regional Platform”.
  • AMCDRR III. Diselenggarakan di Kuala Lumpur pada Desember 2008. Temanya adalah “Multi-stakeholder Partnership for Disaster Risk Reduction in the Asia and Pacific region,” dengan fokus kepada Public Private Partnership for Disaster Risk Reduction serta pengurangan risiko bencana berbasis komunitas.
  • AMCDRR IV. Dilaksanakan di Incheon, Korea pada Oktober 2010 dengan tema “Disaster Risk Reduction through Climate Change Adaptation”. Konferensi ini menelurkan Incheon Declaration on DRR in Asia and the Pacific 2010
  • AMCDRR V. Diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia pada Oktober 2012 dengan tema “Strengthening Local Capacity for Disaster Risk Reduction”. Menghasilkan Deklarasi Yogyakarta.
  • AMCDRR VI. Diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada Juni 2014 dengan tema “Promoting Investments for Resilient Nations and Communities”. Konferensi ini melahirkan “Deklarasi Bangkok”.
  • AMCDRR VII. Diselenggarakan di New Delhi India pada 2-5 November 2016 melahirkan Deklarasi New Delhi.

Sumber bacaan