Bantuan Non Pangan

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Bantuan Non-Pangan

Bantuan non-pangan (non-food item) adalah bantuan selain bantuan pangan. Bantuan ini diberikan pada pengungsi di hunian sementara pada tahap pasca tanggap bencana.

Bantuan non-pangan diberikan dalam bentuk:

1. Peralatan memasak dan makan yang diberikan pada masing-masing rumah tangga yang menjadi korban bencana. Standar minimum bantuan untuk tiap rumah tangga adalah piranti pokok berupa 1 panci besar, 1 panci sedang, 1 baskom untuk penyiapan dan penyajian, 1 pisau dapur dan dua centong kayu, ember tertutup dengan kapasitas 40 liter dan ember terbuka dengan kapasitas 20 liter, jerigen 20 liter dan setiap orang memiliki 1 piring makan, 1 sendok makan dan 1 cangkir atau gelas. Bantuan botol susu bayi juga diberikan untuk mereka yang berkebutuhan khusus.

2. Kompor, bahan bakar dan penerangan, untuk saranan memasak dan ketersediaan penerangan yang memadai. Standar minimum bantuannya adalah kompor dan bahan bakar yang tersedia secara rutin, ketersediaan tempat penyimpanan bahan bakar yang aman, alat penerangan seperti lentera, lilin, atau penerangan lain yang memadai.

3. Alat-alat perkakas yang bisa digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan di hunian sementara. Standar minimal bantuannya adalah kemudahan untuk mendapatkan alat dan perkakas yang dibutuhkan dan memperoleh pelatihan/bimbingan untuk menggunakan alat-alat atau perkakas tersebut.