Bencana biologi

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Biological hazard atau biohazard adalah ancaman terhadap organism hidup, utamanya manusia, yang disebabkan oleh substansi biologis. Biohazard umumnya berasal dari bakteri, virus, parasit, jamur/fungi dan protein.

Proses

Secara umum, ada tiga jalur utama masuknya mikro-organisme tersebut ke dalam tubuh manusia. Yaitu, sistem pernafasan, penularan melalui cairan infeksi dan kontak langsung dengan obyek yang terinfeksi. Dan efeknya terhadap manusia dapat berupa infeksi, alergi dan keracunan.


Tingkatan Bahaya

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat membuat empat kategori tingkat bahaya biohazard, yakni:

1. Biohazard tingkat 1: bakteri dan virus termasuk Bacillus subtilis, caninehepatitis, Escherichia coli, varicella (chicken pox), berikut juga bakteri yang tidak menimbulkan infeksi. Pada tingkat ini, risiko yang ditimbulkan masih sedikit dan bisa dihindari dengan menjaga kebersihan lingkungan.

2. Biohazard tingkat 2: bakteri dan virus yang hanya menyebabkan penyakit kelas menengah terhadap manusia, seperti hepatitis A, B, dan C, influenza A, Lyme disease, salmonella, mumps, measles, scrapie, dan demam berdarah. Pada tingkat ini, perlu dilakukan diagnosa rutin dengan mengikuti panduan dan prosedur Biosafety Level 2. Selain itu, penelitian terhadap bakteri dan virus tersebut di atas juga dapat dilakukan, untuk mengetahui perkembangan dan mencari jalan keluar pencegahannya.

3. Biohazard tingkat 3: bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit parah pada manusia, tetapi vaksin atau pengobatan lainnya telah tersedia, seperti anthrax, virus West Nile, Venezuelan equine encephatilis, virus SARS, TBC, typhus, demam Rift Valley, HIV, demam Rocky Mountain, demam kuning dan malaria. Parasit yang termasuk dalam tingkata ini antara lain Plasmodium falciparum yang menyebabkan malaria dan Trypanosoma cruzi yang menyebabkan trypanosomiasis.

4. Biohazard tingkat 4: virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit fatal pada manusia, yang vaksi atau pengobatan lainnya tidak atau belum tersedia, seperti virus Ebola, demam hemoragik Bolivia dan Argentina, virus Marburg, virus demam Lassa, demam hemoragik Crimea-Congo dan penyakit hemoragik lainnya.


Pekerjaan dan Tempat Kerja yang Memiliki Risiko Biohazard.

Pekerjaan dan tempat kerja yang memiliki risiko biohazard antara lain - Staf medis, staf kebersihan, teknisi laboratorium dan siapapun yang bekerja di dunia profesi medis. - Layanan kesehatan. - Layanan kebersihan dan manajemen properti. - Layanan kebersihan lingkungan. - Pertanian, perikanan, layanan kesehatan hewan peliharaan dan industri manufaktur yang menggunakan tanaman atau hewan sebagai bahan dasar. - Tempat kerja dalam ruangan seperti lantai dasar restoran atau hotel, di mana pekerjanya bekerja dekat dengan pusat saluran udara yang ideal sebagai tempat berkembang biaknya virus dan bakteri.

BOX

Simbol Biohazard

Symbol biohazard dikembangkan oleh Dow Chemical Company pada tahun 1966 untuk menandai produk-produk mereka yang mengandung racun. Menurut Charles Baldwin, seorang insiyur kesehatan lingkungan yang berkontribusi pada pengembangan simbol tersebut, mereka menginginkan sesuatu yang dapat diingat tetapi tidak begitu berarti. Dalam sebuah artikel yang ditulisnya untuk Science pada tahun 1967, ia menyampaikan bahwa simbol tersebut hadir sebagai standar baru untuk semua biohazard. Artikel tersebut menjelaskan bahwa lebih dari 40 simbol dibuat oleh Dow Company dan seluruh simbol tersebut harus memenuhi sejumlah kriteria yaitu: - Memiliki bentuk yang mencolok untuk menarik perhatian. - Unik dan ambigu, agar tidak bertabrakan dengan simbol yang digunakan untuk tujuan lain. - Bisa segera dikenali dan mudah diingat - Dapat distensil dengan mudah - Simetris, agar identik dari semua sudut - Dapat diterima oleh kelompok-kelompok etnis yang berbeda. Simbol yang ada sekarang memenuhi kriteria tersebut dan digunakan hingga saat ini. Dalam Unicode, simbol biohazard ini adalah U+2623.