Eko Teguh Paripurno

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search
Dr. Eko Teguh Paripurno

ET-Paripurno.jpg

Dosen, Konsultan, Peneliti, Penulis

Nama panggilan
ET, Kang ET
Kelahiran
3 Juni 1962 di Malang, Jawa Timur

Pendidikan
Doktoral, Universitas Padjadjaran Bandung (2009)
Magister, Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung (1998)
Sarjana, Teknik Geologi, Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (1988)
Sarjana Muda, Teknik Geologi, Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (1985)
SMA

Jabatan

Unsur Pengarah, Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana (2014-sekarang)
Ketua, PSMB UPN Veteran Yogyakarta (2001-sekarang)
Ketua, Forum Perguruan Tinggi untuk PRB (2015-2017)
Dewan Penasehat, Forum PRB DIY (2009-sekarang)
Pendiri, Ketua, MPO, Kappala Indonesia (Sejak 1994)

Organisasi terkait

MPBI, Planas PRB, Forum PRB DIY, Forum Perguruan Tinggi Untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), Kappala Indonesia, Perkumpulan Penguatan Instusi dan Kapasitas Lokal (PIKUL), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)

Penghargaan

Sasakawa Award for Disaster Risk Reduction (2009)

Eko Teguh Paripurno, di kalangan kawan-kawan aktivis lebih akrab dipanggil “Kang ET”. Ia semula dikenal sebagai aktivis lingkungan, melalui organisasi Komunitas Pencita Alam Pemerhati Lingkungan (KAPPALA) Indonesia yang didirikannya. Menyelesaikan doktor di Universitas Padjadjaran Bandung, dengan judul disertasi “Kajian Karakter Lahar G. Merapi sebagai Respon Perbedaan Jenis Erupsi dari Holosen sampai Resen”. Penerima Sasakawa Award dari UNISDR atas usaha-usaha dalam pengelolaan risiko bencana berbasis masyarakat ini, sehari-hari mengajar di Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Saat ini, ET mempunyai mandat sebagai Ketua Pusat Studi Manajemen Bencana (PSMB) dan Ketua Program Magister Manajemen (MMB) di universitas yang sama, serta sebagai Presidium Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI). Pria ini aktif sebagai konsultan manajemen bencana di berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah, serta konsultan probono bagi komunitas berisiko bencana ekologis.


Biografi Singkat

Eko Teguh Paripurno lahir pada 3 Juni 1962 di Trenggalek Jawa Timur dan saat ini menetap di Sleman, Yogyakarta.


Pendidikan

Organisasi

Karya tulis dan publikasi

Penghargaan

  • 2009. Sasakawa Award for Disaster Risk Reduction. Adalah penghargaan dari UN-ISDR yang diberikan atas kontribusi dan komitmen terhadap kerja pengurangan risiko bencana dan pengembangan masyarakat/komunitas di Indonesia.


Pranala

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..