Forum PRB DIY

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search
Forum PRB DIY

Logo Forum PRB DIY.jpg

Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta
Yogyakarta Local Platform for Disaster Risk Reduction

Berdiri
24 Oktober 2009

Visi
Menjadi komunitas Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki sistem sosial, ekonomi dan budaya yang tangguh terhadap bencana sebagai bagian dari upaya-upaya pengurangan risiko bencana di Negara Republik Indonesia.

Koordinator Umum
Rani Hapsari/YEU (2015-2018))
Frans Toegimin/USC Satunama (2012-2015))
Danang Samsurizal/Bappeda DIY (2009-2012)

Anggota

77 lembaga

Alamat dan Kontak

Gedung BPBD DIY
(Lantai I Sayap Timur)
Jl Kenari No.14A Yogyakarta
Email: forumprb[at]gmail.com
Milis: platform-diy@yahoogroups.com
Twitter: @fprbdiy

Website

www.prbdiy.net]

Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (Forum PRB DIY) merupakan wadah yang menyatukan organisasi pemangku kepentingan (multi stakeholders) DI.Yogyakarta yang bergerak dalam mendukung upaya-upaya pengurangan risiko bencana (PRB) di wilayah DI.Yogyakarta.

Forum PRB DIY secara formal didirikan untuk menjadi platform PRB Provinsi pada 24 Oktober 2009. Pendirian dilakukan atas prakarsa dari pegiat dan mitra Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari organisasi masyarakat, pemerintah, bisnis, media, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga internasional yang bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu didirikan Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi bagian dari Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana (Planas PRB).

Visi dan Misi

Visi

Menjadi komunitas Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki sistem sosial, ekonomi dan budaya yang tangguh terhadap bencana sebagai bagian dari upaya-upaya pengurangan risiko bencana di Negara Republik Indonesia.

Misi

Misi yang diemban adalah sebagai berikut:

  • Mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung bagi pengembangan budaya pencegahan, melalui advokasi dan penumbuhan kesadaran dan pengetahuan tentang pengurangan risiko bencana.
  • Memfasilitasi pengarusutamaan pengurangan risiko bencana ke dalam pembangunan.
  • Menggunakan berbagai perspektif dan aksi yang bersifat multi sektor dan multi disiplin ilmu.
  • Menjadi wadah kerjasama efektif multi-pihak dan lintas bidang/sektor dalam proses-proses pembangunan berkelanjutan
  • Memberikan sumbangan pemikiran tentang pengurangan risiko bencana melalui upaya yang terpadu dan terkoordinasi dalam proses penyusunan kebijakan, perencanaan, administrasi dan pengambilan keputusan pembangunan.
  • Memobilisasi sumber daya dan kapasitas pemangku kepentingan lokal, lembaga-lembaga nasional, regional dan internasional/struktur Perserikatan Bangsa-Bangsa yang relevan.
  • Menjadi center of excellence dalam pengurangan risiko bencana.

Struktur: Unsur dan Organisasi

Unsur-unsur organisasi adalah sebagai berikut:

  1. Anggota - lembaga/institusi/organisasi/kelompok yang dinyatakan menyatakan diri menjadi anggota tanpa batas waktu serta memenuhi kewajiban sebagai anggota.
  2. Peninjau - lembaga-lembaga yang menyatakan minat untuk ikut serta dalam proses-proses forum untuk jangka waktu terbatas.
  3. Mitra - lembaga/Institusi/organisasi/kelompok baik lokal, nasional maupun internasional yang memiliki kesamaan visi dan misinya dalam pengurangan risiko bencana dan mempunyai komitmen untuk bekerjasama dengan menjunjung prinsip-prinsip Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta.
  4. Sekretariat - fasilitas administrasi dan logistik yang disediakan untuk memfasilitasi pelaksanaan harian terkait dengan administrasi, keuangan, dan urusan umum lainnya, dengan keikutsertaan dan kontribusi sukarela dari unsur-unsur organisasi yang lain.

Organisasi Forum PRB terdiri atas:

1. Dewan Kehormatan
a. Institusi pengurus yang dapat bertindak sebagai penasehat serta memfasilitasi penyelesaian persengketaan antar unsur forum dan/atau didalam institusi dewan pengurus.
b. Terdiri dari 5 Individu perseorangan yang memiliki kapasitas kepemimpinan di level Daerah Istimewa Yogyakarta /nasional dan opinion leader tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta /nasional, atau mewakili golongan tertentu yang dianggap belum terwakili kepentingannya di dalam forum.
2. Dewan Pengurus
a. Institusi pengurus dengan mekanisme kepemimpinan kolektif yang terdiri dari 5 individu perseorangan dengan mandat organisasi anggota forum.
b. Terdiri dari seorang koordinator bidang, dan 4 orang yang dikenali (recognized) memiliki pengalaman pada urusan yang menjadi tanggung jawabnya, 4 urusan tersebut yakni: 1) Advokasi, Regulasi dan Kebijakan, 2) Capacity building & Knowledge management, 3) Partisipasi dan pelembagaan, 4) Pegembangan Organisasi
c. Untuk menjalankan urusan harian presídium memiliki kewenangan untuk membentuk manajemen sekretariat.

Kegiatan-kegiatan

  • Mendokumentasikan pengalaman, petikan pembelajaran dan praktek terbaik.
  • Menyediakan informasi data dasar untuk pengurangan risiko bencana; termasuk profil ancaman dan risiko bencana, kebijakan, strategi, kapasitas, sumberdaya, dan program daerah/nasional.
  • Melakukan analisa sistem pengurangan risiko bencana dan kebijakan pemerintah/pemerintah daerah yang terkait secara menyeluruh.
  • Mengidentifikasi tren, kesenjangan, permasalahan dan tantangan serta menentukan bidang prioritas pengurangan risiko bencana
  • Berperan dalam pembentukan dan pengembangan sistem pengurangan risiko bencana
  • Membentuk gugus tugas tematis (thematic platform/task force) sesuai dengan bidang prioritas pengurangan risiko bencana yang kontekstual.
  • Mengelola kegiatan koordinasi dan berbagi data/informasi antar pihak dalam melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana
  • Mendorong proses penyususnan atau mengadopsi kebijakan peraturan perundangan yang berpespektif pengurangan risiko bencana
  • Menyusun Rencana Aksi Daerah Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Menetapkan patokan kemajuan yang dicapai dalam pengarusutamaan pengurangan risiko bencana ke dalam kebijakan, perencanaan dan program pembangunan
  • Menyusun rencana kerja yang berorientasi hasil dan selaras dengan kerangka kerja aksi pengurangan risiko bencana yang disepakati secara nasional
  • Mengkoordinasikan upaya bersama antar/sesama anggota untuk pengurangan risiko bencana
  • Memantau, mencatat dan melaporkan aksi-aksi pengurangan risiko bencana di tingkat daerah sejalan dengan kerangka kerja aksi pengurangan risiko bencana yang disepakati
  • Berperan dalam kegiatan pendididkan pengurangan risiko bencana, serta peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat.

Peran dalam PB

Info Kontak

Gedung BPBD DIY
(Lantai I Sayap Timur)
Jl Kenari No.14A Yogyakarta
Email: forumprb[at]gmail.com
Milis: platform-diy@yahoogroups.com
Twitter: @fprbdiy

Sumber: