Gunung Sinabung

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Sejarah Pembentukan

Periode Letusan

Erupsi 2020

Gunung Sinabung, Sumatera Utara kembali meluncurkan awan panas guguran (APG) pada 29 Oktober 2020, pukul 07.52 wib.

Jarak luncur 2.000 meter ke arah timur-tenggara sesuai arah anginnya. Tinggi kolom abu 1.500 meter yang artinya masih dalam kategori daerah bahaya.

Gunung di tanah Karo, provinsi Sumatera Utara tersebut berabad tidak menampakkan aktivitasnya sejak tahun 1600. Namun pada 27 Agustus 2010 meletus kembali dan berlanjut hingga periode letusan 2020-an. Foto menunjukkan letusan 29 Oktober 2020, langsung direkam dari laporan visual tim Pemantauan Kegunungapian (Pos Pengamatan Gunung Sinabung) Kementerian ESDM RI.

201029-Bpedia APG Sinabung.jpg

Awan Panas Guguran Sinabung pada 29 Oktober 2020


Bisa jadi Sinabung adalah kasus aktivitas kegunungapian terpanjang dan paling melelahkan selama 10 tahun berkelanjutan. Menilik intensitas erupsinya, Sinabung mengalahkan riwayat letusan Gunung Merapi di Jogja Jateng sebagai salah satu gunung paling aktif di dunia.

Sumber

Jonan, Ignasius. 30 Oktober 2020. Laporan visual rutin dan/atau Instagram Menteri ESDM RI. Jakarta: Pos Pengamatan Kegunungapian Kemenesdm RI.