InaRISK

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

InaRISK adalah portal hasil kajian risiko yang menggunakan arcgis server sebagai data services yang menggambarkan cakupan wilayah ancaman bencana, populasi terdampak, potensi kerugian fisik (Rp.), potensi kerugian ekonomi (Rp.) dan potensi kerusakan lingkungan (ha) dan terintegrasi dengan realisasi pelaksanaan kegiatan pengurangan risiko bencana sebagai tool monitoring penurunan indeks risiko bencana. InaRISK telah secara resmi diluncurkan penggunaannya oleh Kepala BNPB pada 10 November 2016 yang juga dihadiri kementerian/lembaga, perwakilan dari Badan PBB, perwakilan organisasi dari negara-negara donor lain (NGO) dan institusi pemerintah terkait lainnya. Pengembangan perangkat ini didukung oleh United Nation Development Program (UNDP) dengan menyiapkan data services yang menjadi data utama.

Diharapkan InaRISK dapat digunakan oleh semua pihak, termasuk masyarakat dalam menyusun rencana-rencana penanggulangan bencana. Selain sebagai portal untuk sharing data spasial berbentuk service GIS, inaRISK dapat digunakan sebagai

  • Alat diseminasi hasil kajian risiko bencana kepada Pemerintah, Pemda, dan stakeholder lainnya sebagai dasar perencanaan program pengurangan risiko bencana.
  • Membantu Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan para pihak dalam menyusun strategi pelaksanaan program, kebijakan, dan kegiatan untuk mengurangi risiko bencana di tingkat nasional hingga daerah.
  • Membantu Pemerintah dalam melakukan pemantauan terhadap capaian penurunan indeks risiko bencana di Indonesia.
  • Menyediakan data spasial untuk kepentingan analisa lainnya, seperti GCDS (Global Center Disaster Statistics), MHEWS, revisi tata ruang, dll.

Aplikasi inaRISK dapat diakses di http://inarisk.bnpb.go.id. Dalam perkembangannnya, aplikasi sudah dikembangkan dengan berbasis android dan dapat didownload secara gratis di Google PlayStore.


Sumber: inaRISK