Indeks pemulihan pascabencana

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Indeks Pemulihan pasca Bencana, Post Disaster Recovery Index (PDRI), InaPDRI

Indeks Pemulihan pasca Bencana, Post Disaster Recovery Indeks adalah indeks berbagai indikator pemulihan pertama di dunia berdasarkan data yang dihasilkan dari Studi Longitudinal yang berguna untuk melihat sejauh mana pemulihan pasca bencana telah terjadi. PDRI untuk pertama kalinya juga diterapkan kepada korban letusan Gunung Merapi tahun 2010 dan banjir lahar tahun 2011 dengan menggunakan 22 variabel.

Studi Longitudinal merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan populasi secara periodik terhadap indikator-indikator kesejahteraan tertentu seperti kesehatan, pendidikan, dan pendapatan.

PDRI merupakan hasil kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Merapi Recovery Respon (MRR) / Disaster Recovery Reduction based Rehabilitation and Reconstruction (DR-4) – United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah serta Survey Meter.

Untuk menyusun PDRI dibutuhkan beberapa langkah berikut; 1. Pemetaan variabel pemulihan yang akan digunakan 2. Elaborasi metode termasuk perbandingan dengan Human Development Index 3. Analisis multivarial terhadap indikator-indikator terpilih hingga pembobotan dan agregasinya 4. Penyajian hasil analisis dalam forum group discussion (FGD) untuk memperoleh umpan balik dari para pembuat kebijakan, akademis, NGO, sebagai masukan dalam penyusunan akhir indeks komposit.

Studi Longitudinal PDRI tersebut melibatkan 1.290 rumah tangga sampel yang tersebar di 43 dusun sampel yang berlokasi di wilayah Magelang (51%), Sleman (26%), Klaten (14%), dan Boyolali (9%). Dusun-dusun yang menjadi sampel DRI tersebut merepresentasikan Area Terdampak Langsung Letusan (ATLL), Area Terdampak Letusan (ATL), dan Area Terdampak Lahar Hujan (ATLH). Sebagai pembanding dusun sampel digunakan 3 dusun di desa yang berbeda, yakni dusun yang tidak terkena dampak letusan Merapi 2010 tetapi memiliki karakteristik sosial ekonomi sama secara nisbi dengan dusun-dusun yang kena dampak.

TIMELINE:

• 2010 Gunung Merapi meletus dan mengakibatkan korban meninggal 277 orang berdasar data Pemkab Sleman. • 2011 Banjir lahar terjadi dan sebanyak 4111 jiwa harus mengungsi yang terbagi di 13 titik pengungsian di 4 kecamatan di Kabupaten Magelang. • 2011 Pemerintah mengeluarkan Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Erupsi Gunung Merapi melaluli Peraturan Kepala BNPB Nomor 5 tahun 2011. • September 2012 Survey Studi Longitudinal Disaster Revovery Index dimulai • 2013 Pemerintah Indonesia mengeluarkan Indeks Pemulihan Bencana/Disaster Recovery Index yang pertama di dunia dan dituangkan dalam laporan yang berjudul “Merapi, Pemulihan Penghidupan Warga Pasca Letusan 2010: Laporan Studi Longitudinal”.

Box 01:

Area Terdampak Langsung Letusan (ATLL) adalah wilayah terlanda awan panas dari letusan Merapi 2010 yang menimbulkan korban jiwa, kerusakan permukiman, prasarana, dan vegetasi. Area Terdampak Letusan (ATL) adalah wilayah terlanda awan panas dari letusan Merapi 2010 yang tidak menimbulkan korban jiwa, kerusakan permukiman, prasarana, dan vegetasi. Area Terdampak Lahar Hujan (ATLH) adalah wilayah terlanda banjir lahar yang menimbulkan korban, kerusakan permukiman, prasarana, dan vegetasi

Box 02:

Peluncuran InaPDRI.jpg Peluncuran Indeks Pemulihan Bencana/Disaster Recovery Index yang pertama di dunia dan dituangkan dalam laporan yang berjudul “Merapi, Pemulihan Penghidupan Warga Pasca Letusan 2010: Laporan Studi Longitudinal” (surveymeter.org)

Rapat penyusunan inapdri.jpg Rapat persiapan penyusunan DRI (surveymeter.org)

Rekomendasi: Buku laporan Indeks Pemulihan Bencana/Disaster Recovery Index yang berjudul “Merapi, Pemulihan Penghidupan Warga Pasca Letusan 2010: Laporan Studi Longitudinal”.