Main Page

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search

Selamat datang di bencanapedia.ID
Ensiklopedia Penanggulangan Bencana Indonesia

Website kolaboratif terbuka untuk pengembangan pengetahuan penanggulangan bencana di Indonesia.

Sekilas • Penggunaan • Pertanyaan Panduan • Browse

Berbagi pengetahuan, yukk..
Saat ini telah ada 13,367 lema yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan akan terus bertambah. Anda dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pendalaman maupun pengkayaan konten/naskah yang ada.

Pengurangan Risiko Bencana
Konsep dan praktik mengurangi risiko-risiko bencana melalui upaya-upaya sistematis untuk menganalisis dan mengelola faktor-faktor penyebab bencana, termasuk melalui pengurangan keterpaparan terhadap ancaman bahaya, pengurangan kerentanan penduduk dan harta benda, pengelolaan lahan dan lingkungan secara bijak, dan peningkatan kesiapsiagaan terhadap peristiwa-peristiwa yang merugikan.

Selengkapnya..

Ancaman Bencana di Indonesia*

  1. Bencana Alam: gempa bumi dan tsunami, letusan gunungapi, angin topan, banjir dan tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan
  2. Bencana Non-Alam: wabah penyakit, mala-praktik teknologi, kelaparan
  3. Bencana Sosial: kerusuhan sosial, konflik sosial

*) Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Memahami Risiko Bencana
Elemen Risiko: Ancaman, Kerentanan, Kapasitas

Risiko = (Ancaman X Kerentanan) / Risiko


Peristiwa penting di hari ini

Juli 17: Belum ada entry data

Peristiwa Kebencanaan

  • 2006 - Kejadian tsunami Pangandaran yang merenggut 668 korban jiwa, 65 hilang (diasumsikan meninggal dunia) dan 9.299 lainnya luka-luka (WHO, 2007). Penelitian Muhari dkk (2007) menyebutkan bahwa rata-rata 40 persen masyarakat di Cilacap, Sukaresik, Wonoharjo, dan Pangandaran tidak merasakan adanya gempa sebelum tsunami datang. Sebanyak 40 persen lainnya merasakan gempa yang sangat lemah dan kurang dar 20 persen lainnya yang merasakan gempa cukup kuat. Data tersebut menjadi dasar yang menjelaskan kenapa sebagian besar masyarakat tidak evakuasi sebelum tsunami datang atau baru evakuasi setelah gelombang sudah berada di bibir pantai. Sumber: https://nationalgeographic.co.id/berita/2016/07/10-tahun-tsunami-pangandaran-tsunami-dahsyat-tanpa-isyarat-gempa

Hari Peringatan atau Peristiwa Penting Lainnya

  • Belum ada entry data

Lema

Insiative

Ensiklopedia Penanggulangan Bencana Indonesia ini diinisiasi dan dikembangkan oleh the Pujiono Centre, Yayasan Umar Kayam, PSMB UPN Veteran Yogyakarta, Perkumpulan Lingkar, dan Lafadl Initiative. Anda dapat berkontribusi maupun mendukung pengembangan media ini, baik secara individu maupun kelembagaan. Lihat Bencanapedia:Dukungan untuk lebih lanjut.




A wise man once told me,
Life's greatest fear is having knowledge of something, and dying before having the opportunity to share it.

Charles Blair