AirPutih

From Bencanapedia.ID
Revision as of 14:26, 16 March 2023 by Nang.tok (talk | contribs)
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to: navigation, search

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Yayasan AirPutih (yayasan atau perkumpulan?)

AirPutih merupakan lembaga yang mendorong masyarakat agar melek teknologi informasi (TI) dan menjadikannya alat untuk mewujudkan sebuah masyarakat yang kuat di Indonesia. Langkah AirPutih untuk mewujudkannya, antara lain dengan meningkatkan kemampuan dan pemahaman masyarakat terhadap TI. Tak hanya itu, open source sebagai kunci pembukan akses TI yang murah dan mudah juga menjadi lahan yang terus digarap oleh AirPutih.

Sosialisasi penggunaan open source, dilakukan AirPutih dengan bekerja sama dengan lembaga lain seperti Kementerian Riset dan Teknologi dan Yayasan Penggerak Linux Indonesia. Kelahiran AirPutih di saat ada bencana besar melanda Aceh pada 2004 lalu, menginspirasi AirPutih untuk terus mengembangkan teknologi antisipasi bencana. Salah satu langkah yang sudah dilakukan AirPutih adalah pembuatan aplikasi peringatan dini gempa dan tsunami, bekerjasama dengan Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG).

Aplikasi ini juga sudah bisa diunduh semua orang. Lalu, membuat portal bencana yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Jika terjadi bencana, tim cepat tanggap AirPutih siap berangkat ke daerah bencana untuk membangun infrastruktur TI dan pembaharuan berita dari lapangan. Saat ini AirPutih juga melakukan penguatan masyarakat dengan penyediaan hosting gratis untuk LSM dan Komunitas. Fasilitas ini bisa digunakan oleh organisasi masyarakat sipil yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, lingkungan, budaya, dan sejarah, kesehatan, serta pelayanan publik.

JUDUL KOTAK

KONTEN

Visi

Mewujudkan masyarakat yang kuat, mampu berperan dalam proses pertukaran informasi dan pengetahuan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Misi

Melakukan usaha peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pelayanan informasi publik melalui teknologi informasi dan komunikasi Melakukan berbagai penelitian dan pengembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi Meningkatkan kemampuan para pihak yang terlibat dalam kawasan disaster dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi Membangun akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk bisa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi melalui fasilitas open source


Sumber

AirPutih