Difference between revisions of "Letusan Merapi 9-11 Masehi"

From Bencanapedia.ID
Jump to: navigation, search
(Created page with "{{sempurnakan}} ==Peristiwa Bencana== Berdasarkan catatan Van Bemmlenen dalam bukunya The Geology of Indonesia (1949) terjadi letusan dasyat yang mengakibatkan sebagian besar...")
Line 12: Line 12:
 
http://www.tngunungmerapi.org/kronologis-letusan-dahsyat-merapi/
 
http://www.tngunungmerapi.org/kronologis-letusan-dahsyat-merapi/
  
[[catgeory:peristiwa]]
+
[[category:peristiwa]]

Revision as of 00:30, 19 February 2022

Jika Anda merasa konten halaman ini masih belum sempurna, Anda dapat berkontribusi untuk menyempurnakan dengan memperbaiki (Edit) atau memperdalam konten naskah ini. Setelah Anda anggap sempurna, silakan hapus koda template {{sempurnakan}} ini. Atau, Anda dapat mengirimkan perbaikan konten naskah ke bencanapedia@gmail.com..

Terimakasih..

Peristiwa Bencana

Berdasarkan catatan Van Bemmlenen dalam bukunya The Geology of Indonesia (1949) terjadi letusan dasyat yang mengakibatkan sebagian besar puncak Merapi lenyap. Terjadi pergeseran lapisan tanah ke arah barat daya sehingga terjadi lipatan yang antara lain membentuk Gunung Gendol. Namun pernyataan Van Bemmlenen ini masih banyak yang menentang.

Dampak Bencana

Kemungkinan merusak Kota Medang dan banyak daerah di permukiman Jawa Tengah. Bencana hebat itu diperkirakan melanda Mataram pada abad 9 hingga ke 10. (Boechari-seorang arkeolog yang mendalami bidang epigrafi).

Secara tersirat, prasasti Rukam (829 Saka atau 907 M) menyebutkan peresmian desa Rukam oleh Nini Haji Rakyan Sanjiwana karena desa tersebut telah dilanda bencana letusan gunung berapi. Kemungkinan besar gunung api yang dimaksud adalah Merapi. Hal ini mengingat prasasti Rukam ditemukan didaerah Temanggung, Jawa Tengah.

Sumber

http://www.tngunungmerapi.org/kronologis-letusan-dahsyat-merapi/